Selasa, 28 Februari 2017

Aplikasi Android Pemeriksa LJK Ujian

Aplikasi Android Pemeriksa LJK Ujian

Ujian atau Ulangan adalah salah satu metode paling umum yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman dan penguasaan siswa/pelajar terhadap suatu bidang studi atau mata pelajaran.
Ujian di Indonesia adalah sebuah keharusan, mulai ujian tengah semeseter hingga ujian Nasional. Sistem Ujian di Indonesia dan beberapa negara umumnya masih menggunakan sistem ujian dengan menggunakan LJK Komputer ini agar guru lebih mudah untuk mengoreksi jawaban siswa, tapi biaya untuk membeli alat pemeriksa LJK komputer dan juga kertas khususnya tidak murah. Bahkan diawal alat scanner (pemeriksa LJK Komputer) ini beredar harganya menembus puluhan juta, dan bagaimana jika sekolah anda tidak memiliki alat pemeriksa lembar jawaban komputer???
Meski mahal tapi alat pemeriksa LJK ini tak luput dari berbagai kelemahan, jika alat pemeriksa telah memiliki jam terbang lama hasilnya akan tidak seakurat pada saat baru di pakai.
Oke.Kembali ke pertanyaan bagaimana jika kita tidak memiliki alat pemeriksa LJK (scanner LJK) ??? sesuai judul artikel diatas ada alternatif yang sekolah, guru, dan siapa saja bisa dapatkan dan dipakai secara mudah dan murah.Alternatifnya adalah dengan menggunakan aplikasi Android “ZipGrade” aplikasi ini memiliki fitur yang lebih banyak dibanding scanner LJK yang harganya mahal.
Dengan aplikasi “ZipGrade” guru dapat mengoreksi sendiri LJK siswa dengan cepat dan akurat, itu sangat memungkinkan bagi guru dengan cukup memotret saja LJK (Lembar jawaban komputer) dengan menggunakan aplikasi “ZipGrade” yang telah di Install pada Smartphone berbasis Android. Aplikasi ini bisa di dapatkan dan di Instal di Google Play Store Secara Gratis.Aplikasi ini juga dapat mengekspor laporan nilai siswa ke Microsoft Excel.
ScreenShoot Aplikasi
ScreenShoot Aplikasi
Fitur Lengkap Aplikasi:
*mampu membaca LJK hingga 100 butir soal
*Dapat digunakan tanpa terhubung internet. Data akan sinkron pada saat terhubung (opsional).
*Otomatis Mendeteksi LJK dengan Kamera
*Dapat membaca LJK yang dikerjakan dengan pensil atau pulpen
hasil 1
detail hasil
Fungsi tambahan:
*backup data LJK
*Import Rosters
*Mengelola info kelas & siswa
*Ekspor Hasil pemeriksaan ke CSV atau PDF
*Paket Unduh lembar jawaban per kelas dengan informasi mahasiswa/siswa.
“Banyak Aplikasi dan Teknologi yang murah dan mudah yang dapat di terapkan dalam kehidupan demi Maju Pendidikan Indonesia”
Gunakanlah sumberdaya yang dimiliki sebaik dan se-maksimal mungkin.
Selamat Mencoba

Sumber : https://pelajarpro.com/aplikasi-android-pemeriksa-ljk-ujian/
Comments

MA. Al-Ma'ruf Margodadi

Kepala Madrasah

MA Al-Ma'ruf adalah sebuah Madrasah Aliyah yang setingkat dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bercirikhaskan Agama Islam .