Jumat, 11 Januari 2019

MA Al-Ma’ruf Margodadi Kabupaten Tanggamus Awali Tahun 2019 dengan Workshop Pengembangan GTK

Margodadi, 11 Januari 2019


Tanggamus (Inmas) -- MA Al-Maruf, Margodadi, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus awali Tahun 2019 dengan mengadakan Workshop Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2019 bertempat di Meeting Room Hotel 21 Kecamatan Gisting dengan mengambil tema Sense of Belonging dalam Organisasi dan dihadiri 42 peserta yang merupakan GTK pada MA Al-Maruf. Adapun Narasumber Utama yang dihadirkan adalah Dr. H. Darmadi, S.Ag., M.M., M.M.Pd., M.Si.

Dalam laporannya Kepala MA Al-Maruf, Muhammad Ghufron, S.Pd.I menjelaskan, bahwa kegiatan workshop ini dilaksanakan dalam rangka penyegaran dan sejenak melepaskan diri dari rutinitas harian para GTK. Karenanya kegiatan dikemas dalam bentuk permainan yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi serta menjalin kebersamaan diantara sesama GTK.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, Muhamad Hasan Basri, S.Ag., M.Pd. dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan workshop ini, dan berharap dapat menjadi inspirasi MA lainnya untuk juga dapat melakukan pembinaan terhadap GTK di masing-masing madrasahnya.

Terkait dengan tema kegiatan, yaitu Sense of Belonging dalam Organisasi, Hasan Basri sangat mendukung. Tema ini sejalan dengan upaya peningkatan kompetensi guru, terutama kompetensi kepribadian. Mengutip Buku 2 Pedoman Penilaian Kinerja Guru yang diterbitkan Dirjen PMPTK Tahun 2012, Hasan Basri menjelaskan bahwa salah satu kompetensi utama yang berkaitan dengan kepribadian seorang guru adalah memiliki etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri. 

Untuk memiliki kompetensi utama tersebut, maka prasyarat yang harus dimiliki seorang guru adalah harus tertanam di dirinya perasaan memiliki lembaga pendidikan tempat dimana ia mengabdikan diri memberikan pembelajaran yang bermutu kepada peserta didiknya, demikian urainya.

Dalam presentasinya ketika memaparkan meteri, Darmadi menjelaskan berbagai hal terkait dengan Sense of Belonging dalam Organisasi. Menurutnya, cara untuk menumbuhkan Sense of Belonging dalam Organisasi dapat ditempuh melalui beberapa cara, di antaranya:
1. Menciptakan hubungan emosional terhadap seluruh anggota dan memiliki misi dan tujuan yang sama;
2. Mendorong hubungan sosial yang positif;
3. Memberi kesempatan yang sama untuk semua anggota;
4. Berkomunikasi secara terbuka;
5. Saling menghormati antar anggota.

Di sela-sela kegiatan workshop juga dilakukan pemberian piagam penghargaan terhadap guru yang diinilai oleh Tim Penilai Prestasi Guru MA Al-Maruf sebagai guru berprestasi. Penyerahan pengharagaan dilakukan oleh Bapak Dr. H. Darmadi, S.Ag., M.M., M.M.Pd., M.Si., Kasi Penmad, Kepala MA Al-Maruf dan Ibu Ety Agustina, S.Ag,. M.Pd.I selaku Pengawas Madrasah. Beberapa guru yang memperoleh penghargaan berdasarkan kategori adalah:
Kategori Good Job : Heni Pranitasari, S.Pd.;
Good Art Creative : Harmono, S.Pd.;
The Man of Computers : Fanaji, S.Kom.
The Buawt Loyality : Ujan Trisusanto.... (Er/Ijal)










































Sumber : https://lampung.kemenag.go.id/berita/512876/ma-al-ma-ruf-margodadi-kabupaten-tanggamus-awali-tahun-2019-dengan-workshop-pengembangan-gtk?fbclid=IwAR3Sl53D2syPpWuykKcIoo10eSLtx3KpeVMHiPp1Pc5ZrbQexaAuSKn5PFQ
Comments

MA. Al-Ma'ruf Margodadi

Kepala Madrasah

MA Al-Ma'ruf adalah sebuah Madrasah Aliyah yang setingkat dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bercirikhaskan Agama Islam .